Form WhatsApp

MUSLIM ANTI KORUPSI

shape image

MUSLIM ANTI KORUPSI

MUSLIM ANTI KORUPSI

MUSLIM ANTI KORUPSI - Indonesia adalah sebagai penganut pemerintahan secara demokratis, namun saat ini keluhan serta aspirasi rakyat bukan lagi menjadi prioritas utama. Karena sorotan publik tertuju semuanya pada satu permasalahan yang semakin luas yakni korupsi. Dewasa ini korupsi memang sudah merajalela di kalangan para pemimpin pusat maupun daerah. Sungguh sangat ironis di setiap berita yang di tayangkan di TV, banyak diantaranya berita mengenai kasus korupsi. Hal ini terkesan menjadi suatu permasalahan yang dianggap biasa terjadi di negara kita ini, padahal mayoritas warga negara memeluk agama Islam.

Al-Qur'an telah menjelaskan tentang larangan Korupsi, terdapat pada Q.S Ali-'Imran [3] ayat 161.

    Tidak mungkin seorang Nabi berkhianat dalam urusan harta rampasan perang. Barangsiapa yang berkhianat dalam urusan rampasan perang itu, maka pada hari Kiamat ia akan datang membawa apa yang dikhianatkannya itu. Kemudian tiap-tiap diri akan diberi pembalasan tentang apa yang ia kerjakan dengan (pembalasan) setimpal, sedang mereka tidak dianiaya. (QS. Ali-'Imran [3] : 161)
             
MUSLIM ANTI KORUPSI


Disini kita sebagai umat muslim yang baik, memiliki kewajiban untuk melaksanakan apa yang di perintah Allah SWT dan juga menjauhi apa yang dilarang-Nya. Dan salah satu perbuatan yang sangat Alloh larang yakni dalam berbuat korupsi. Sudah begitu jelas aturan yang Allah tetapkan, apakah sebagai muslim kita masih tidak mengetahuinya juga? Perbuatan korupsi sungguh tidak di benarkan menurut ajaran Islam ataupun dalam hukum yang di atur oleh negara. 
              
              Sebuah Kenyaaan yang umumnya kadang tak bisa lepas dari sebuah kepemimpinan dan inilah yang di rasakan di sebuah desa yang saya huni sejak lahir sampai sekarang, kepemimpinan di suatu desa selama ini menurut saya hanya omongan belaka yang sering di ucap oleh seorang pemimpin karna kesejahteraan dan tunjangan hidup yang sering kali di keluhkan kadang tidak mendapatkan respons positif dari pemimpin, hanya obrolan sesaat yang mungkin ada di pikiran pimpinan di desa saya ini. bagaimana mau maju jika segala kenyamanan di suatu desa saja tidak ada seperti fasilitas di lingkungan yang kurang memadai dan fasilitas lainya untuk menunjang kemakmuran sebuah desa. dengan adanya pemimpin yang baru di desa saya ini bisa mendengarkan keluihan dari warga/ masyarakatnya.

            Sungguh miris melihat kenyataan bilamana seorang pemimpin yang memiliki kedudukan tinggi bahkan berpendidikan tinggi, kemudian oknum tersebut melakukan korupsi. Semua orang pasti bertanya, ”Bagaimana Negara Indonesia bisa lebih maju, bila moral bahkan keyakinan para pemimpinnya pun masih dipertanyakan?”. Negara Indonesia memiki dasar Pancasila, dan pada sila pertama berbunyi “Ketuhanan Yang Maha Esa”. Dengan demikian seluruh warga Indonesia memiliki keyakinan akan adanya Tuhan. Tapi mengapa korupsi di bangsa Indonesia ini menjadi masalah yang begitu kompleks, pelakunya pun bukan hanya di kalangan pemimpin daerah bahkan pusat.

            Besar harapan kami sebagai rakyat Indonesia, untuk dapat di pimpin oleh seorang pemimpin yang amanah. Cita-cita bangsa untuk dapat memajukan negara, memakmurkan rakyat akan lebih mudah tercapai, bilamana para pemimpin nya pun bersih dari korupsi. Karena sudah seharusnya kita bisa menyadari akan akibat apa yang terjadi bila korupsi terus menerus terjadi, maka kehancuran lah yang akan menanti untuk negeri kita tercinta ini. Na`udzubillahimindzalik. Tidak banyak yang rakyat harapkan dari sosok pemimpin, mereka hanya mendambakan seorang pemimpin yang amanah dan tidak melakukan korupsi. Alangkah sejahteranya bila negara kita ini di pimpin oleh para pemimpin yang seperti demikian.

             Dalam Islam mengajarkan, bahwa seorang muslim sangat jelas larangannya dalam mengambil harta yang bukan hak-nya. Demikian yang disebutkan tersebut, katakan saja sama halnya dengan ‘Korupsi’. Tidak akan berkah harta yang seseorang miliki bilamana mengambil dari yang bukan hak-nya. Hal ini pun sudah di bahas seperti yang sudah dikatakan di atas. Apalagi yang menjadi alasan kita untuk tidak menjauhi perbuatan korupsi? Karena hukum Allah itu pasti, dan negara pun jelas melarangnya karena korupsi merupakan suatu tindakan melanggar hukum. Bila kita melanggar maka akan ada sanksinya, entah itu secara langsung ataupun tidak langsung.

            Islam sudah menerangkan bahwa; sesungguhnya kita semua di ciptakan di muka bumi ini adalah sebagai seorang khalifah (pemimpin). Makna dari pernyataan tersebut yaitu bahwa dalam setiap diri manusia merupakan pemimpin bagi dirinya sendiri. Kita sendiri lah yang menentukan dalam melakukan perbuatan baik ataupun sebaliknya. Disini di himbau agar sebelum kita melakukan perbaikan secara luas, maka kita awali dari diri kita sendiri terlebih dahulu. Karena kesadaran yang datang nya dari diri sendiri itu jauh lebih penting. Hal itulah yang nantinya akan menjadi dasar seseorang dalam setiap melakukan tindakan apapun didalam kehidupan sehari-harinya. Jadi, kita sebagai seorang muslim sudah sejatinya untuk menjauhi dari perbuatan korupsi sekecil apapun. Karena korupsi merupakan salah satu dosa besar yang nantinya akan di pertanggung jawabkan di akhirat kelak dengan siksaan Allah yang sangat pedih. Wallohu`alam bisshowaf.

Untuk Informasi atau pengetahuan tentang dunia islam dan pengetahuan tentang  "MUSLIM ANTI KORUPSI" bisa masuk di website berikut ini : Website resmi Nahdlatul Ulama  - www.nu.or.id 

Posting Komentar

© Copyright 2019 Cyber Benyo

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now