Form WhatsApp

Apa Itu Network Interface Card

shape image

Apa Itu Network Interface Card

Network interface card, kebanyakan orang menyebutnya sebagai  NIC, adalah suatu perangkat yang memungkinkan komputer untuk bergabung bersama dalam jaringan LAN, atau jaringan area lokal. Sedangkan untuk fungsinya sendiri , Fungsi network interface card adalah sebagai penghubung bagi komputer untuk mengirim dan menerima data pada LAN. Network interface card sebuah Jaringan komputer saling berkomunikasi menggunakan protokol tertentu untuk transmisi paket data antara komputer yang berbeda, yang dikenal sebagai node. dan sebelumnya jangan lupa baca juga tentang Teknologi Wireless LAN

LAN sering kita juga mendengar dengan sebutan  Ethernet, Ketika kita  membangun sebuah LAN, network interface card harus diinstal di setiap komputer pada jaringan dan semua NIC di jaringan harus dirancang dalam arsitektur yang sama.

Ethernet network interface card dipasang dalam suatu slot yang tersedia di dalam komputer. NIC memberikan alamat unik yang disebut MAC ke sebuah komputer. Ethernet kabel harus dijalankan dari setiap network interface card ke hub sentral atau switch. Bertindak seperti hub atau switch relay, dilewati informasi antara komputer yang menggunakan alamat MAC dan memungkinkan sumber daya seperti printer dan scanner untuk dibagikan bersama dengan data.

jika kita ingin membeli komponen untuk LAN, pastikan NIC dan hub atau switch memiliki kemampuan yang sama. Seluruh jaringan baik kabel atau nirkabel harus dipilih salah satu atau juga  sebaiknya kita gunakan setting yang sejenis, karena network interface card nirkabel tidak dapat berkomunikasi dengan sebuah switch kabel atau hub.

Bagi mereka yang ingin untuk menghubungkan LAN yang terletak di berbagai wilayah daerah, kota atau negara, ATM  dapat membuat jaringan luas atau WAN dengan menghubungkan LAN secara bersama. LAN masih dibangun dengan network interface card di setiap jaringan komputer, tapi ATM menggunakan akses internet broadband untuk menghubungkan LAN ke switch ATM secara online. Jenis ATM WAN ini yang kemudian disebut sebagai pengertian Internetwork.

Posting Komentar

© Copyright 2019 Cyber Benyo

Form WhatsApp

This order requires the WhatsApp application.

Order now